Pottermore

Mei 7, 2012 at 10:08 pm (Buku, Dan Sebagainya) (, , , )

–and the Philosopher’s Stone

Waktu saya kecil, sampai sekitar kelas 3 SD, novel… merupakan bacaan menyebalkan yang bikin malas, soalnya saya lihat itu cuma buku tebal penuh kata-kata tanpa gambar. Semuanya berubah setelah saya dipinjami Harry Potter sama teman gereja. Kakak saya yang duluan melahap seisi bukunya tapi setelah itu ya tergeletak begitu saja. Sampai suatu Minggu siang saya beranikan diri membuka covernya, memahami halaman per halaman penuh kata itu, lalu saya jatuh cinta sampai 10 tahun kemudian 😀

Gateway setelah sign up.

Pottermore merupakan proyek online terbaru JK Rowling yang dipersembahkan bagi para fans die-hard Harry Potter untuk menunjukkan detail tersembunyi dan tidak sempat dituturkan lewat buku ataupun filmnya. Dengan desain web interaktif, kita dimimnta berpartisipasi dalam penelusuran chapter demi chapter setiap buku menggunakan metode click and explore. Hampir-hampir seperti game ketelitian malah. Kita bisa membaca rencana-rencana awal Rowling terhadap plot bukunya, back-story tidak terduga dari karakter-karakter yang kita (pikir) sudah kita kenali, sampai asal mula nama-nama dan inspirasi Rowling dalam membuat dunia Harry.

Dulu limited beta testing dibuka pada tanggal 31 Juli 2011 bagi satu juta fans pertama, tapi sekarang sudah terbuka untuk umum tanggal 14 April 2012.

Hal lain yang unik disini adalah:
Diagon Alley! Kita bisa benar-benar belanja disini, hohoho. Dari binatang peliharaan, kuali sampai perlengkapan bagi para First Years di Hogwarts.


Wand! Huooo kita harus melalui semacam tes kepribadian sebelum menemukan tongkat macam apa yang akan ‘memilih’ kita nantinya. Perbedaannya terdapat di panjang tongkat, inti tongkat dan bahan kayu yang digunakan. Lalu, seperti kuis-kuis kepribadian lucu yang biasa kita temui di internet atau majalah, kita bisa melihat apa arti dari panjang, inti dan bahan tongkat kita.


Sorting Hat! Tidak serta-merta kita akan masuk Gryffindor. Kebetulan saja saya masuk Gryffindor. Sekali lagi kita akan disuguhi berbagai macam pertanyaan untuk menentukan asrama mana yang cocok dengan kepribadian kita. Tapi entah kenapa sepertinya sistem Pottermore mengatur untuk menyeimbangkan jumlah siswa di keempat asrama, jadi…


Setelah kita melewati chapter yang menentukan rumah asrama kita, ada beberapa hal lain lagi yang bisa kita mainkan untuk menambah poin bagi asrama kita:
Potion Brewing: Lumayan tricky pada awalnya, dan membutuhkan kedisiplinan yang tinggi (apalagi kalau sudah disuruh menunggu selama beberapa waktu)


Spell Practices: Bisa duel juga sama teman loh, hehe.


Kalau diringkas, Pottermore ini seperti apa ya… website biasa bukan, visual novel bukan, game juga bukan. Rowling mengatakan bahwa web ini akan menjadi rumah permanen online untuk Harry Potter, jadi mungkin ini semacam gudang informasi yang dibuat seunik dan se-kreatif mungkin. Back sound yang membangun suasana di setiap chapter ditambah lukisan dan animasi yang bagus juga sudah sangat oke kok untuk menjadi daya tariknya.

Sampai saat ini baru Harry Potter and the Philosopher Stone saja yang sudah dibuatkan format Pottermorenya. Semoga buku-buku berikutnya cepat datang 🙂

Iklan

4 Komentar

  1. DenBagus said,

    So nice…
    😉

  2. DenBagus said,

    Upsss… Sorry,lam kenal ya…
    Ngomong2 ANIMORPHS msh lanjut?
    Ada terjemahan yg seri 23-27,ga?
    Thaks…

  3. redprint said,

    @DenBagus: Yang #23-27 sudah pernah diterbitkan sama Gramedia kok 😀 walaupun emang sudah jebot banget sih… Jadi saya nggak terjemahin lagi d..

  4. Dilla said,

    Gimana cara Sign Up nya? Udh dicoba tapi wktu masuk gabisa.bantu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: