UNDP Internship!

Oktober 18, 2012 at 9:51 am (Dan Sebagainya, Keseharian, Uncategorized) (, , , , , , , )

Memiliki waktu sekitar 8 bulan penuh untuk internship membuat saya berkesempatan mencoba magang di dua tempat yang tipenya jauh berbeda. Setelah Unilever, private company yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Goods, saya mencoba mencapai mimpi untuk bekerja di bidang kemanusiaan. Setelah (agak) mengejar-ngejar konfirmasi HRD-nya dengan telepon, United Nations Development Programme, cabang program PBB yang bekerja di bidang pengembangan manusia (Human Development) akhirnya menjadi penadah mimpi tersebut.

Rumah kedua selama 3 bulan sambil mengganggu satu-satunya staf UNV disitu.

3 bulan bersarang di Communications Unit (walau duduknya sih di kantor United Nations Volunteer) membuat saya jadi lumayan paham bagaimana cara UN bekerja dari dalam. Terlebih, Comms Unit UNDP sedang dalam masa-masa awal mempopulerkan isu-isu yang mereka junjung lewat social media, jadi saya juga ikutan belajar menggunakan benda yang dulunya masih saya anggap misterius ini.

Detilnya apa saja sih yang saya kerjakan?

1. Social Media Management
Tentu tugas ini spesifik bagi intern di Comms Unit. Kalau kamu magang di Finance, HRD atau bahkan Environmental Sustainability Unit pasti kamu dapatnya tugas yang paralel dengan yang Unit kamu kerjakan. Intinya saya harus secara konstan men-suplai Facebook dan Twitter UNDP dengan feeds, entah memberikan quick facts, info lowongan, info kompetisi, info campaign… Tujuannya yang pasti makin banyak yang dibangun kesadarannya soal isu-isu apa yang UNDP atau UN kerjakan di Indonesia secara general, dan bagaimana mereka bisa berpartisipasi dalam isu tersebut.

2. Assisting Daily Duties di Comms Unit
Apakah ada acara yang lagi nge-trend dan jadi prioritas di UNDP? Tugas kalan pasti berhubungan erat dengan acara itu. Misal ketika kemarin Ban Ki Moon transit di Indonesia, orang-orang di Admin Unit heboh banget.

Ketika sedang sibuk membuat Annual Report, saya ikutan ke tempat printing & editingnya.

Selain itu, kebanyakan yang akan kita kerjakan adalah tugas-tugas administratif seperti membuat katalog buku, membut notulen rapat (yep, kita boleh ikut rapat-rapat unit!) mengumpulkan merchandise dari satu kantor untuk digunakan di road show, dll. Ada juga saat-saat dimana saya diminta untuk mendokumentasikan kunjungan mahasiswa dari Malaysia, penutupan proyek SC-DRR, mengikuti road show ke universitas-universitas, menjadi MC di acara kebersamaan karyawan dan berpartisipasi d banyak seminar dan learning session yang menarik 🙂

Pembukaan Global Youth Forum oleh UNFPA.

Acara buka bersama staff UNDP dimana saya dan seorang rekan lain jadi MC dadakan

3. Berhubungan dengan media
Salah satu tanggung jawab saya adalah untuk membuat daftar lengkap dan up-to-date semua partner media UNDP. Daftar ini akan digunakan untuk mengundang mereka di konferensi pers, atau merekrut mereka saat kita butuh liputan proyek UNDP dimana-mana. Hubungan lainnya saya lakukan dari membantu mengurus tiket dan akomodasi mereka sampai menugaskan kurir mengirimkan kontrak ke rumah mereka.

Sekumpulan pers di acara serah terima Pengelolaan Dana Kemitraan Indonesia untuk AIDS dari UNDP ke KPAN

Jadi, apa yang didapat setelah melakukan tugas-tugas di atas? Yang paling jelas sih exposure pada lingkungan multikultural. Menyenangkan sekali ngobrol dengan para staf bule atau intern-intern dari negara macam-macam dan mendengarkan pengalaman mereka. Tiap saat pasti kekenyangan di kantor karena adaaa saja yang menghibahkan makanan mereka. Ketahanan kita diuji dengan bertemu berbagai macam kepribadian orang yang mungkin tidak kita temukan di dunia studi. Kreativitas dalam berkomunikasi dan diplomasi tentu meningkat. Pengetahuan akan tebalnya birokrasi dapat menjadi bekal untuk masa depan (ya maksudnya agar dalam setiap usaha kita terus mengejar kesederhanaan, begitu.) Semua dipoles dalam lingkungan kerja yang santai dan tidak terlalu menekan (menurut saya).

Acara makan-makan perpisahan seorang staf yang hendak bertugas di New York.

Walaupun tidak dbayar, saya tidak menyesal mendapatkan kesempatan untuk magang disana.

Karaoke Time!

Iklan

4 Komentar

  1. Vellina Pramanawati said,

    untuk bisa magang di UNPD bagaimana ya caranya? untuk formulir sendiri dan prosesi seleksinya? terima kasih sebelumnya.

  2. redprint said,

    Wah maaf ya baru jawab. Untuk informasi masuk ke UNDP sendiri, pertama bisa lihat ke website mereka:

    http://www.id.undp.org/content/indonesia/en/home/operations/jobs/

    lalu lihat apakah ada lowongan internship. Kalau ada (mereka hire by necessity), bisa langsung isi formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen-dokumen lainnya. Terakhir saya daftar sih ada sekitar 7 dokumen yang harus dilengkapi, semuanya standar kok, seperti rekomendasi dari dosen dan surat motivasi, tapi mungkin yang cukup membebani beberapa orang adalah mereka harus menyertakan surat keterangan Asuransi.

  3. Nisa said,

    Keterangan asuransi? kaya gimana tuh bentuknya? 😀 Oh iya, living expanse sama akomodasi kita gimana? Saya di Aceh, kalo mau ke sana, pake biaya sendiri?

  4. saki9minami said,

    hai, saya mau coba juga internship programnya, tapi waktu buka link nya kok harus masukin account dan password ya? waktu cari link register juga gak ada, gimana yaa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: